Home > Tips & Triks > Agar paham ketika belajar

Agar paham ketika belajar


Salah satu nasihat yang sering diucapkan orang tua kepada anaknya adalah “Jangan lupa belajar”.
Tidak semua orang memiliki cara belajar yang sama, ada yang belajar melalui buku, internet, bahkan ada yang belajar hanya dengan mendengar informasi. Namun, ada kalanya, sekeras apapun belajar, tetap saja anda meraasa masih kurang paham. Mengapa hal tersebut dapat terjadi ?

Salah satau yang menyebabkan hal tersebut adalah karena kurang efektifnya cara belajar anda.Nah berikut ini adalah beberapa hal yang dapat anda perhatikan agar paham ketika belajar.

  1. Aturlah waktu belajra yang ideal. Waktu belajar yang ideal adalah ketika otak anda dalam kondisi sedang tidak banyak berfikir. Selain itu, anda pun jangan mematok waktu belajar yang terlalu lama, sebab, jika terlalu lama, otakpun akan merasa jenuh. Jadi aturlah waktu belajar yang tidak terlalu lama di kala santai dan lakukan kegiatan ini secara berkala.
  2. Pilih lokasi belajar yang anda anggap nyaman. Beberapa orang yang belajar sambil nonton TV. Jika adan termasuk orang yang seperti ini, biasanya konsentrasi anda akan terbelah menjadi dua. Tempat belajar yang nyaman bukan berarti tempat berupa meja belajar di dalam sebuah kamar yang kosong. Namun, anda dapat memilih tempat yang nyaman seperti di ruang tamu atau kamar yang tingkat kebisingan dan kegaduhannya tidak terlalu menggangu.
  3. Persiapkan peralatan belajar dengan cermat. Agar waktu belajar tidak tergangu, sebaiknya anda menyipkan benda-benda seperti buku tulis, buku catatan, alat tulis dan perlengkapan lain didekat anda. Selain itu, sambil belajar anda pun dapat memutar musik yang anda sukai yang dapat merangsang semangat belajar.
  4. Perhatikan kondisi fisik sebelum mulai belajar. Belajar dalam kondisi tubuh yang tidak fit dapat membuat konsentrasi belajar anda tidak maksimal. Apalagi jika anda terbiasa belajar dengan sistem SKS (Sistem Kebut Semalam). Jadi, jika kondisi tubuh sedang tidak fit, sebaiknya anda istirahat dulu, baru kemudian melanjutkan belajar lagi.
  5. Belajar secara bertahap. Belajar itu ibarat anak tangga. Jadi, anda perlu menapakinya satu persatu. Sebagai contoh, ketika mempelajari sebuah buku, sebaiknya anda memulai dengan cara yang santai dan lambat. Setelah itu, anda dapat meningkatkan ke cara belajar yang lebih serius dan cepat secara teratur.

Baca juga : Kiat memilih pengasuh balita yang baik,  Buka kaca mobil sebelum berkendara

sumber : Koran Kompas

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: