Home > Tips & Triks > Cara Alami Atasi Sulit Tidur

Cara Alami Atasi Sulit Tidur


Tidur berkualitas merupakan kondisi istirahat yang diidamkan setiap orang.
Namun, ditengah kesibukan dan rutinitas bekerja,jam tidur kerap berkurang dan tidur tidak nyenyak. Efeknya, ketika bangun pagi badan terasa kurang fit, sering merasa mengantuk disiang hari, sulit konsentrasi dan mudah pusing.

Sebenarnya, waktu ideal untuk tidur sebanyak 6-8 jam sehari. Namun, seiring pertambahannya usia biasanya menjadi 4 jam sehari dan tingkat pulasnya pun dapat berkurang. Hal ini masih normal terjadi dan belum tentu dikategorikan sebagai insomnia.

Tidak hanya faktor usia sulit tidur juga dapat disebabkan oleh efek samping obat. Misalnya, akibat mengkonsumsi obat anti hipertensi, obat steroid, dan yang mengandung kafein. Jika harus mengonsumsi obat-obatan tersebut secara rutin, anda dapat mengganti obat dari golongan berbeda tetapi memiliki manfaat serupa tanpa ada efek samping sulit tidur.

Untuk membantu mengatasi sulit tidur, ada baiknya jika mulai dengan mengatur hidup yang sehat. Keseimbangan antara olahraga teratur dan pola makan sehat serta lingkungan tempat tidur mempengaruhi kualitas istirahat di malam hari.

Olahraga diperlukan untuk menjaga stamina tubuh, Olahraga sebaiknya dilakukan secara rutin, pagi atau sore hari, dapat dimulai dengan olahraga sederhana, seperti jalan kaki. Jika harus membawa pekerjaan kantor kerumah, sebaiknya berhentilah bekerja minimal satu jam sebelum tidur. Berikan tubuh dan pikiran anda relaksasi barang sejenak agar tidur terasa lebih nyenyak.
Disamping itu jam makan pun dapat mengganggu kualitas tidur. Usahakan makan setidaknya 4 jam sebelum tidur dan kendalikan porsi makannya agar tidak terlalu kenyak. Sebaiknya, tidur dengan perut lapar pun tidak disarankan karena kadar gula akan turun yang mengakibatkan efek pusing saat bangun di pagi hari. Hindari pula makanan yang mengandung kadar lemak tinggi, gula dan protein di jam-jam menjelang tidur tidur malam. Sebaiknya, untuk membuat tubuh terasa lebih relaks, cobalah minum-minuman yang hangat, seperti teh, susu, atau segelas air hangat yang dicampur madu dengan takaran 2 teh sendok makan.

Terakhir, faktor lain yang mempengaruhi kualitas tidur anda adalah lingkungan tempat anda tidur. Usahakan tempat tidur anda nyaman dan kamar tidur berventilasi baik dan bersih.

Baca juga : 

Buka kaca mobil sebelum berkendara, 4 cara kontrol stress, Agar paham ketika belajar, Kiat memilih pengasuh balita yang baik

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: