Home > Kesehatan > Tangkal Penyebaran virus dengan Plasma

Tangkal Penyebaran virus dengan Plasma


Belakangan ini dunia tengah diresahkan oleh penyebaran virus-virus flu, Mulai dari virus H5N1(flu burung) hingga H1N1 (Influenza tipe A) atau orang bilang Flu Babi. Indonesia sendiri sejak beberapa tahun ini masih bekutat dengan penyebaran flu burung, bahkan tahun ini diduga masih banyak orang yang terinfeksi flu burung tsb. Sejauh ini korban yang meninggal akibat flu Burung adalah 135 orang dan indonesia menjadi negara dengan jumlah korban tewas terbanyak.

Kini muncul virus H1N1 yang menjadi ancaman baru bagi masyarakat dunia dan pada akhir april lalu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah meningkatkan level pandemi dari level 4 menjadi Level 5. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan virus ini terus menyebar dari manusia ke manusia hingga ke tingkat komunitas. Walaupun fatalitas flu ini lebih rendah daripada flu burung. Virus H1N1 dapat tahan sampai suhu sekitar 70 Derajat Celcius. Virus H1N1 pernah merebak penularannya pada tahun 1918 hingga menewaskan sektiar 100 juta korban di Spanyol dan Amerika Serikat.

Untuk menghadapi penyebaran virus H1N1, Pemerintah Indonesia menerapkan sistem pendeteksi suhu tubuh di bandara dengan THERMOSCANNER. Namun alat semacam ini masih kurang effisien dan kini diperkenalkan cara baru untuk menangkal penyebaran virus tsb, yaitu dengan generator plasma.

Generator Plasma
Generator Plasma adalah perangkat elektronik kecil yang mampu membangkitkan beda tegangan sangat tinggi, yaitu 2.000 – 10.000 Volt hingga terbentuk kondisi plasma yang merupakan fase ke-4 dari materi, setelah fase gas. Plasma ini ditunjukan oleh cahaya berwana biru. Pada fase plasma, materi tidak lagi berbentuk molekul, tapi terurai menjadi ion dan bersifat radikal berenergi tinggi hingga sangat reaktif. Medan Plasma ini dapat di manfaatkan untuk berbagai keperluan, salah satunya untuk melumpuhkan virus dan bakteri yang terhambur ke udara. Dengan suhu medan plasma lebih dari 1.000 Derajat Celcius, Virus H1N1 akan musnah secara instan.

Menyedot dan mematikan

Sistem yang disebut generator plasma ini berfungsi sebagai penyedot yang sekaligus mamatikan virus yang terhisap dengan melewatkannya pada medan plasma. Pada perangkat generator plasma itu terdapat kompresor yang berfungsi menghisap udara yang terkontaminasi, dan mendorongnya memasuki medan plasma yang terpasang ditengah alat

Baca juga :

Deteksi dan pencegahan virus H1N1, WHO peringatkan flu Babi, Kasus flu Babi capai 2500 orang, Proses dan Gejala Flu Babi, virus H1N1

sumber : Koran Kompas

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: