Home > Kesehatan > 4 Negara Konfirmasi Kasus Flu A/H1N1

4 Negara Konfirmasi Kasus Flu A/H1N1


Hingga 16 Mei 2009, sedikitnya sudah empat negara lagi diseluruh dunia mengkonfirmasi kasus flu A/H1N1.

Di Asia, kementerian kesehatan India membenarkan kasus pertama flu H1N1 di kota selatan, Hyderabad. Korban dikenali pada pemeriksaan di bandara dan kemudian dikarantina, sampel darahnya membuktikan positif mengidap virus flu tersebut.

Negara Asia lainnya, Jepang sudah melaporkan sekitar 163 kasus dan telah menutup lebih dari 2000 sekolah dan taman kanak-kanak(18/03/09) dengan tujuan untuk mengekang penyebaran virus H1N1 tersebut.

Jumlah penderita flu H1N1 belakangan ini meningkat cepat di kota kobe dan Osaka sejak infeksi domestik pertama diumumkan.

Wabah flu H1N1 di Jepang mempeluas kesempatan bagi WHO untuk meningkatkan tingkat siaga pandemi menjadi level 6, level tertinggi yang menunjukan bahwa transmisi sudah menyebar hingga ke wilayah kedua diluar Amerika.

Di Malaysia, sampai hari ini sudah melaporkan 2 kasus flu H1N1. Satu mahasiswa Malaysia berusia 20 tahun positif menderita flu H1N1 di pulau Pinang, menyusul kawannya sesama mahasiswa yang juga dinyatakan positif kena H1N1 di Hospital Sungai Buloh, Selangor setelah mereka pulang dari New York, Amerika Serikat, dalam satu pesawat(13/05/09)

Kasus pertama H1N1 terjangkit seorang mahasiswa berusia 21 tahun setelah kembali dari New York dengan pesawat MAS MH091.

Kementerian Kesehatan Turki juga mengeluarkan pernyataan, bahwa negar Eropa itu medpati seorang asing yang datang dari Amerika Serikat dalam perjalanan dari Amesterdam ke Irak, membawa virus flu A/H1N1 ke Turki melalui Bandara Istanbul, Ataturk.

Sebelumnya, 15 Mei 2009, Menteri Kesehatan Ekuador Caroline Chang mengkonfirmasi bahwa pelajar berumur 11 tahun di Guayaquil, menjadi kasus pertama flu H1N1 di negara Afrika tersebut.

Informasi terakhir WHO, sudah ada sekitar 7.520 orang di lebih dari 30 Negara telah dinyatakan sakit akibat virus tsb, sebagian besar di Meksiko dan AS. Sekitar 70 orang yang terinfeksi virus ini telah meninggal dunia.

Baca juga :
Level Pandemi Virus
Virus H1N1, Proses dan gejala Flu H1N1
Deteksi dan pencegaah virus H1N1
Tangkal Penyebaran virus dengan plasma

sumber : TvOne

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: