Home > Teroris > Noordin M Top Tewas ?

Noordin M Top Tewas ?


Kisah drama 18 jam penangkapan Noordin M Top di desa Beji, kecamatan Kedu,  Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (08/08/2009), oleh Detasemen khusus 88 masih menyisakan tanda tanya besar bagi seluruh dunia.

Apakah benar orang yang menjadi target operasi penangkapan tersebut adalah Noordin M Top ?

seperti dikutip dari detikcom, banyak orang meragukan bahwa mayat tersebut adalah mayat Noordin M Top.

Pihak pertama yang meragukan kematian Noordin adalah pengamat intelijen Dynno Chressbon. Ia yang mengaku sudah melihat foto asli jenazah itu mengatakan, teroris tidak mirip sama sekali dengan Noordin. Kemiripan jenazah dengan foto yang beredar hanya dari kalung yang dipakai saja.

Hal itu diperkuat juga oleh anlisanya, tidak mungkin teroris sekelas Noordin M Top memilih tempat persembunyian di Temanggung, Jawa Tengah. Posisi persembunyian yang terpencil justru akan membuat Noordin terkunci.

Lokasi persembunyiannya dikelilingi bukit yang sulit untuk kabur berbeda dengan 9 lokasi sebelumnya yang dekat akses jalan dan laut” ujar Dino

Kepala Centre for Violence and Terrorism Singapura, Rohan Gunaratna, bahkan berani menyatakan jenazah tersebut bukanlah Noordin M Top. Ia mengaku mengutip dari sumber yang ikut dalam proses investigasi.

Dia (Noordin) belum tewas, sesungguhnya tes DNA membuktikan bahwa jasad yang ditemukan bukan Noordin Mohammed Top” kata Rohan seperti dilansir Aljazeera.net.

Sikap pesimis juga datang dari Direktur International Crisis Group (ICG) Sidney Jones. Ia menduga kemungkinan besar jenazah itu bukan Noordin.

“Saya kira kemungkinan besar itu bukan dia (Noordin). Bukannya saya yakin itu bukan dia, tetapi kemungkinan besar bukan,” kata Sidney Jones saat dihubungi detikcom, Minggu (9/8/2009).

Setelah adanya berbagai keraguan tersebut, muncul kabar bahwa pria yang tewas di Temanggung adalah Ibrohim, florist di flower shop di Ritz-Carlton. Keberadaan Ibrohim pun saat ini masih gelap. Jika foto jenazah yang beredar di internet benar, maka secara fisik bentuk muka Ibrohim lebih mirip.

Dan 1 buah bukti kejanggalan lagi adalah tidak adanya bercak darah pada drama 18 jam penangkapan tersebut. Padahal kabarnya saat itu korban di pastikan telah terkena peluru para Sniper.

Foto Noordin M Top

Sementara itu Mabes Polri memang belum mengeluarkan pernyataan apa pun mengenai identitas teroris yang tewas di Temanggung, Jawa Tengah. Namun foto yang diduga sebagai teroris tersebut telah beredar di kalangan terbatas.

Dalam foto tersebut tampak seorang pria tewas dengan kepala terbelah mulai dari hidung ke atas. Sedangkan hidung ke bawah masih menyatu. Mata pria yang berambut ikal itu pun terbelalak.

Pria naas tersebut mengenakan kaos oblong berwarna coklat, sementara di lehernya terdapat kalung berwarna hitam.

Uniknya, pria tersebut memiliki wajah lonjong dengan struktur rahang yang tegas. Tidak seperti wajah Noordin yang bulat, sebagaimana sketsa disebarkan pihak kepolisian.

Namun bagi pengamat intelijen, Dynno Chressbon, foto tersebut bukanlah teroris yang tewas di Temanggung. Dynno yang mengaku telah melihat foto asli itu pun menerangkan perbedaan antara foto yang ia lihat dengan yang beredar.

Yang saya lihat, foto ini (beredar di wartawan dan sejumlah kalangan) terlihat wajahnya seperti dibacok orang dan tidak pernah saya lihat sebelumnya. Wajah di foto itu terlalu horor” paparnya.

Saat ini jenazah yang diduga Noordin M Top berada di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, untuk di lakukan tes DNA, dan kemungkinan hasil tes DNA tersebut akan keluar 2 pekan mendatang.

sumber : detikcom

Baca juga :

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: