Home > Teroris > Mayat di Temanggung adalah Ibrohim

Mayat di Temanggung adalah Ibrohim


Terkuak sudah identitas pria misterius yang tewas tertembak pada drama baku tembak di Temanggung, Jawa Tengah, akhir pekan lalu.

Dalam konferensi pers di RS Polri Kramat Jati, Rabu (12/8) Brigjen pol Eddy Suparwoko, Kapusdokkes Mabes Polri  menyatakan mayat tersebut bukan gembong teroris Noordin M Top, tapi Ibrahim alias Ibrohim yang selama ini hilang pascapeledakan di Hotel JW Marriott dan Ritz Charlton.

Dalam kesempatan konferensi pers saat ini, Polri pun menayangkan sejumlah rekaman CCTV yang menggambarkan aktifitas Boim sebelum peledakan. Ia yang melakukan survei ke bagian lobby hotel. Kemudian dia pula yang menurunkan sejumlah bungkusan besar dari sebuah mobil pick up di lahan bongkar muat hotel Marriott.

Berdasarkan keterangan supir, saat ia mau menurunkan barang, ia dilarang oleh Boim. Lalu Boim sendiri yang mengangkat barang tersebut dan meletakkannya di kamar 1808,” kata Kepala Divisi Humas Markas Besar Polri Irjen Pol Nanan Soekarna dalam kesempatan yang sama.

Tanggal 8, Boim survei masuk ke dalam Ritz Carlton bersama Nana –pelaku bom bunuh diri– melalui lift karyawan. Tanggal 16 ia membawa masuk bom dan menyerahkan ke kamar 1808. Jadi bom bukan di bawa oleh Dani waktu check in, tapi dibawa oleh Boim tanggal 16. Tas Dani memang tidak ada bom. Di depan sudah bagus, tapi ternyata di loading dock tidak bisa masuk, ”  kata Nana.

Selain sebagai perencana dan pengatur pengeboman di JW Marriott dan Ritz-Carlton, Ibrohim juga telah disiapkan menjadi pelaku bom bunuh diri atau sering disebut sebagai ‘pengantin.’ Ibrohim alis Boim siap melakukan aksi bom bunuh diri di kediaman SBY di Cikeas, Bogor.

Ditemukan data akurat testimoni yang bersangkutan (Ibrohim) dan keterangan Amir Abdillah bahwa yang bersangkutan siap jadi pengantin sebagai suicide bomber di peledakan berikutnya yang menurut data akan direncanakan ke Cikeas,” kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Nanan Soekarna dalam jumpa pers di RS Kramat Jati, Jakarta Timur.

Menurut Nanan, Ibrohim sebelumnya telah melakukan rapat dengan Noordin M Top dan Amir Abdillah beserta Dani dan Nana.

Sampai saat ini Mabes Polri masih memburu 3 hingga 4 orang yang diduga terkait ledakan bom di JW Marriot dan Ritz-Charlton. Sementara 8 tersangka lainnya sudah ditangani, yakni  Amir Abdillah, Ibrohim, Dani(pelaku bom Marriot), Nana (pelaku bom Ritz Charlton), Air Setiawan, Eko, Aris, dan Indra.

Peranan Ibrohim dalam peledakan hotel JW Marriott & Ritz Charlton

Peran Ibrohim dalam kasus bom Marriott dan Ritz-Charlton ternyata luar biasa. Ini sangat berbeda dengan data-data yang selama ini beredar, bahwa dia hanyalah berperan bukan sebagai tokoh utama.

Setelah dilakukan investigasi mendalam, Ibrohim merupakan pelaku utama, perancang, perencana bom Marriott dan Ritz. Dia diketahui masuk Jamaah Islamiyah (JI) sejak 2000 dan disusupkan ke Marriott/Ritz-Charlton sejak 2005.

Ibrohim alias Boim inilah yang menentukan Jumat pagi, 17 Juli 2009. Dia yang mengetahui ada breakfast meeting yang akan dihadiri para bos perusahaan asing. Dia pula yang meminta agar ditambah sasaran bom di Ritz.

Boim dipastikan yang membawa pelaku bom bunuh diri di Ritz, Nana Ikhwan Maulana, ke Marriott melalui pintu masuk karyawan. Setelah itu, mereka menuju ke Erlangga Restaurant sekitar 1 menit untuk melihat lokasi. Setelah itu, dia keluar lagi membawa 3 kardus bunga yang tanggal 16 Juli lalu digunakan membawa bom.

sumber : kompas.com, detikcom

Baca juga :

  1. 12 August 2009 at 8:25 am

    Ibarat benang kusut yang belum diketahui ujung pangkalnya, seperti itu pula masalah terorisme yang selalu menghantui bangsa Indonesia.
    satu teka-teki terungkap, namun lainnya menunggu untuk dipecahkan segera. Masalah seperti ini butuh kerjasama dari semua elemen bangsa demi Indonesia damai yang selalu kita dambakan.
    Membuat Website

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: