Home > Teroris > Keahlian Noordin M Top

Keahlian Noordin M Top


Kemampuan Noordin M Top dalam melakukan perekrutan dan perencanaan pengeboman, kemungkinan telah terwariskan pada para pendukungnya. Dengan demikian, walaupun Noordin tertangkap/meninggal aksi teror di Indonesia akan terus berjalan dengan kata lain akan bermunculan Noordin-Noordin baru.Artinya pemerintah harus bekerja lebih extra keras untuk menumpas para teroris tersebut.

Menurut Nasir Abas (mantan anggota Jemaah Islamiyah), kemungkinan besar saat ini Noordin tak perlu lagi merekrut sendiri orang-orang yang bersedia mendukung ”proyek” pengebomannya. Perekrutan sudah dilakukan pengikut atau pendukungnya. Dengan disiplin yang kuat dalam menjaga rahasia di antara pengikutnya, ”proyek” itu dapat berlangsung sesuai dengan rencana mereka.

Selain pandai dalam mempengaruhi orang, Noordin M Top juga menguasai teknik perang dan pandai dalam meloloskan diri, namun dia sendiri tidak bisa merakit bom, seperti yang di ungkapkan oleh Nasir Abas.

Siapakah Orang yang bisa di jadikan Pengantin ?

Noordin M Top biasanya selalu mendekati para remaja untuk dijadikan calon pengantin (istilah pelaku bom bunuh diri), hal ini dilakukan karena Orang yang belum berkeluarga itu akan lebih mudah untuk diarahkan, dan tidak ada pertimbangan apapun“, selain itu Orang yang direkrut juga harus memiliki kesamaan dalam pemikiran.

Setelah calon “pengantin” memenuhi syarat, baru kemudian diberikan tausiyah, fatwa, disampaikan manhaj (metode) hidup di dunia ini untuk apa. Baru setelah itu, dimasukkan pemahaman-pemahaman seputar jihad dalam versi Noordin.

Untuk itu perlu dikenali beberapa ciri orang yang sudah rekrut Noordin, yaitu :

  1. Rata-rata anak-anak tidak menggap lagi orang tuanya dan menjauhkan diri dari keluarga
  2. Tidak perlu sholat di belakang orang tuanya, sholat selalu menyendiri
  3. Sulit bersosialisasi dengan lingkungannya, karena mereka sengaja mengisolasi diri sendiri dari masyarakat sekitarnya

Abas mengakui secara lansung memang sulit bagi orang tua untuk mendeteksi secara pribadi, tetapi secara umum tanda-tandanya seperti itu, “Ini bisa jadi bekal orang tua untuk mewaspadainya,” ujarnya. Karena itu, baik bagi para orang tua bila menemukan tanda-tanda keganjilan pada anak-anaknya, sebaiknya dicari tahu dan ditanya.

Bila orang tua menemukan anaknya berprilaku demikian, orang tua harus banyak tanya ke anak, bila sudah ditanya dia gelisah itu kita harus cari tahu, kenapa prilaku anak berubah. Tetapi bila dia bersikap biasa saja, jangan langsung diartikan dia terlibat teroris, mungkin juga ada hal lain,” katanya.

Selain itu, bila ada anggota keluarga kita yang selama satu minggu lebih menghilang tidak ada kabar, sebaiknya dicari tahu keberadaanya, sebab khawatir salah satu dari keluarga kita berhasil di rekrut jaringan Noordin.

Yang lebih menyita perhatian publik adalah bagaimana para teroris ini memperoleh dana untuk menjalankan aksi mereka ?

Dugaan sementara, adanya dana asing dari jaringan teroris internasional yang terus mengalir sehingga Noordin terus bertahan.

Salah satu bukti soal mengalirnya dana asing ini berasal dari pengakuan Gun gun, pelaku teroris yang kini sudah divonis 4 tahun penjara. Adik Hambali ini dinyatakan bersalah telah mengumpulkan dana puluhan ribu dollar AS dari beberapa negara. Menurut Ansyaad, dana tersebut dibawa dari Pakistan ke Thailand, Malaysia, kemudian Indonesia.

Gun Gun juga terbukti telah memberi dan mengumpulkan dana puluhan ribu dolar AS bagi peledakan bom Hotel JW Marriott, September 2003. Uang itu dikirimkan atas perintah Hambali, yang kini ditahan di Guantanamo.

Terkait aliran dana ini, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) sudah menciumnya. Sejak tahun 2004, sedikitnya ada 68 transaksi mencurigakan yang diduga terkait aksi terorisme di Indonesia.

Dari data tersebut, ada sejumlah dana yang mengalir dari luar negeri. Namun ketua PPATK Yunus Husein menegaskan, jumlahnya hanya sedikit. Rekening yang ditelusuri lebih banyak dari dalam negeri dan nominalnya pun tidak banyak.

Hasil analisis juga tidak pernah menemukan rekening atas nama Noordin. Ia menduga, perubahan identitas atau modus meminjam rekening orang lain bisa digunakan oleh Noordin.

Selain dari sumbangan rekening para simpatisannya, Noordin pun mengumpulkan dana lewat aksi-aksi perampokan yang dilakukan oleh para anak buahnya.

sumber : kompas.com, TvOne, detikcom

Baca juga :

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: