Home > News Politik > Tommy Calon Ketua Umum Golkar

Tommy Calon Ketua Umum Golkar


Setelah sekian lama hilang dari peredaran para surat kabar, akhirnya Tommy Soeharto muncul kembali dalam pemberitaan. Kali ini kemunculannya berkaitan dengan pencalonannya sebagai Ketua Umum Golkar.

Kenapa Tommy tiba-tiba tertarik untuk menjabat sebagai Ketua Umum Golkar ?

Seperti yang kita ketahui, Partai Golkar adalah partai yang telah didirikan dan dibesarkan oleh mantan Presiden Soeharto (ayah Tommy), apalagi Tommy pernah menjadi anggota MPR dari FKP (Fraksi Karya Pembangunan ) tahun 1993-1998. Setelah itu ia tidak aktif lagi, tapi Tommy sendiri menyatakan bahwa ia tidak pernah keluar dari Golkar dan masih mempunya kartu anggota.

Seperti yang diungkapkan Tommy, bahwa sebagai kader Golkar ia berhak untuk mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Golkar.

Tommy menyatakan dirinya berpeluang menjadi pimpinan Partai Golkar, apalagi selama ini tidak pernah keluar dari Golkar dan sampai saat ini masih menjadi anggota partai ini. Karena itu, sebagai kader, dia berhak mencalonkan diri sebagai ketua umum partai. “Target saya memang harus tinggi, termasuk dalam dunia politik” katanya.

Tommy mengatakan, setelah absen selama 10 tahun dari dunia politik, maka dirinya merasa terpanggil untuk kembali lagi ke Golkar. Golkar merupakan partai yang tepat dan paling cocok dengan panggilan jiwanya.

Selain itu ada juga pemberitaan media masa, bahwa pencalonan Tommy  dalam memperebutkan kursi Ketua Umum Partai Golkar disinyalir untuk mendapatkan patronasi atau perlindungan politik. Hal ini dilakukan guna memuluskan bisnis yang sedang dijalaninya.

Sementara itu peneliti Lembaga Survei Indonesia (LSI) Burhanudin Muhtadi, mengatakan “Majunya Tommy sebenarnya lebih mengganggu Ical ketimbang Surya Paloh. Tommy tak rela Golkar dipegang oleh Ical karena Ical didukung Akbar dan Ginandjar yang dicap keluarga Cendana sebagai Brutus“.

Brutus (Marcus Junius Brutus) adalah tokoh di zaman Romawi Kuno yang hidup pada 85–42 SM yang telah berkhianat kepada pemimpinnya, Julius Caesar. Dia memimpin konspirasi membunuh Caesar.

Untuk menjadi Ketua Umum Golkar ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi, yaitu :

  1. Harus kader/anggota Partai
  2. Harus pernah menjadi pengurus Golkar
  3. Harus memiliki prestasi, dedikasi, loyalitas dan tidak tercela

Menurut Burnahudin, pencalonan Tommy terganjal aturan dalam AD/ART Golkar yang mensyaratkan calon Ketum harus pernah menjadi pengurus Golkar. Meski begitu, Tommy memiliki 2 senjata untuk menyingkirkan ganjalan itu, yakni modal keturunan ‘darah biru’ Soeharto dan kekuatan finansial.

Namun jika ganjalan itu tidak berhasil disingkirkan, Burhanudin yakin Tommy akan mengarahkan dukungan ke Surya Paloh. “Tommy akan mengarahkan dukungannya ke Surya karena Surya lebih dekat ke Cendana” ucap Burhanudin.

Pengamat politik UGM Abdul Gafar Karim, mengatakan rencana Tommy Soeharto untuk ikut memperebutkan kursi Ketum Golkar akan mengancam konsolidasi demokrasi di internal tubuh Golkar dan bangsa Indonesia. Golkar pun terancam ditinggal konstituennya.

Meski sebagai warga negara Tommy memiliki hak politik untuk turut mencalonkan diri, namun dari segi semangat politik hal tersebut menunjukkan kemunduran. Sebab selama ini Golkar mengklaim diri sebagai partai yang berhasil mereformasi diri sejak runtuhnya Orde Baru pada tahun 1998.

Di Golkar mekanisme uang masih sangat kuat. Sekarang yang paling punya duit adalah Ical. Pertarungan di Golkar selalu antara mereka yang punya uang, dan untuk Tommy kita tidak tahu persis berapa modal finansial dan politis dia. Kalau dia sanggup menandingi (modal finansial) yang lain, dia akan bisa mengklaim posisi-posisi penting di Golkar” papar Gafar.

Aburizal Bakrie sendiri mengklaim telah didukung oleh 32 DPD I dan 438 DPD II. Hal itu itu dibuktikan dengan adanya tandatangan dari para ketua dan sekretaris masing-masing DPD I maupun DPD II yang diterima Ical.

Jika pernyataan Ical benar maka hanya ada satu DPD I dan 26 DPD II yang belum menyatakan sikapnya.

sumber : detikcom, TvOne

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: