Home > News > Pulau Jemur di klaim Malaysia

Pulau Jemur di klaim Malaysia


Belum usai kisah klaim Tari Pendet dan lagu Terang Bulan, Malaysia sudah mengklaim satu buah pulau milik indonesia yang terletak di selat malaka, kabupaten Rokan Hilir, Riau.

Pulau Jemur adalah pulau yang memiliki luas sekitar 250 ha, yang letaknya sekitar 72,4 km dari Bagansiapiapi dan 64,3 km dari Pelabuhan Klang di Malaysia.

Pulau Jemur terkenal dengan panorama alam seperti pantai berpasir putih dan sebagai habitat penyu hijau. Perairan di sekitar pulau ini terkenal sebagai daerah penghasil ikan serta terumbu karang.

Pulau itu ditawarkan sebagai objek pariwisata yang masuk ke bagian Selangor, Malaysia dalam sebuah situs di http://www.traveljournals.net.

Pulau Jemur saat ini tak berpenduduk hanya ada pos TNI AL, dan sebuah penangkaran penyu hijau.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Biro Humas Pemprov Riau Zulkarnain Kadir di Pekanbaru meluruskan informasi yang menyesatkan di laman Internet tersebut bahwa Pulau Jemur merupakan bagian Indonesia.

Pemerintah Riau dan Rokan Hilir juga menjadi Pulau Jemur sebagai salah satu ikon wisata di provinsi ini. Jadi gak benar klaim milik Malaysia tersebut,” katanya.

Ia menjelaskan, Pulau Jemur berada di gugusan Kepulauan Arwah di perairan Kabupaten Rokan Hilir. Dan Pulau Jemur adalah salah satu obyek wisata andalan di riau.

Komandan Angkatan Laut (Danlanal) Dumai Kolonel Arief Sumarsono menegaskan Pulau Jemur yang memiliki luas sekira 2,5 kilometer persegi ini masuk dalam gugusan Kepulauan Arwah adalah wilayah NKRI.

TNI AL melakukan pengaman di Pulau Jemur yang mempunyai pesona bahari ini dengan menempatkan pasukannya dan patroli rutin. “Kita juga membangun pos TNI dan menempatkan sejumlah pasukan yang dipimpin oleh perwira. Selama ini tidak ada aktivitas atau klaim apapun kalau Pulau Jemur adalah wisata Malaysia. Kita akan terus menjaga daerah kita,” ujar Arif.

sumber : wikipedia.org, liputan6.com, antara.com, TvOne

Baca juga :

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: