Home > Artikel > 999

999


Tanggal unik biasanya menjadi incaran sepasang kekasih untuk menikah. Demikian pula Rabu ini, saat ? kalender menunjukkan tanggal 9 bulan 9 tahun 2009 alias 999. Tidak aneh bila pada 999 ini, puluhan ribu pasangan berlomba mengukuhkan kisah asmaranya.

Seperti dilansir China Daily, kombinasi 999 memiliki makna yang menguntungkan bagi masyarakat China. Lebih dari 10 ribu pasangan yang mendaftarkan pernikahannya di Departemen urusan sipil lokal di Beijing hari ini. Sementara di Shanghai ada 6 ribu pasangan. Jumlah yang sama juga mendaftar di Guangzhou, lalu 4 ribu Tianjin and 2 ribu di Nanjing.

Sementara itu, incaran menyambung tali pernikahan pada 9/9/2009 juga dilaksanakan oleh pasangan polisi di AS. Bahkan pasangan yang sebelumnya merencanakan menikah 8/8/2008 akhirnya menunda pernikahannya demi menikah hari ini.

Kami benar-benar mengincarnya, itu akan menjadi hari yang istimewa. Saya sedikit grogi sekarang tapi juga sangat bahagia,” ujar Jacqueline Felton (30), seperti dilansir Dailymail.

Lalu bagaimanakah dengan Indonesia?

Demam menikah pada 999 ini juga melanda Indonesia. Pasangan Adhitya Pattisahusiwa (27) dengan Kiki Impianti Ramantoko (26) misalnya. Sesama alumnus ITB ini telah menikah pukul 09.00 WIB di Bandung.

“Awalnya karena ingin menikah sebelum lebaran akhirnya ketemu pas bulan puasa. Terus lihat ada 9 September, jadi sekalian saja 999,” ujar Adhi saat berbincang dengan detikcom.

Adhi juga menyatakan, pemilihan tanggal ini agar mudah diingat serta bagus jika nantinya dikenang. “Kalau dicocok-cocokin, seperti Asma’ul Husna (99). Terus kalau dalam adat Jawa disambungkan dengan diturunkannya 9 wali,” demikian Adhi.

Soal angka 9, masyarakat China punya catatan sejarah khusus tentang angka yang juga sering dimaknai sebagai kesuksesan atau pencapaian tertinggi ini. Seperti dilansir LiveScience.com, kekaisaran China kuno sangat dekat dengan hal-hal yang berbau angka 9. Hal ini tampak dalam arsitektur dan kostum kerajaan yang bermotif 9 naga.

Dinasti Ming (1368-1644) juga meyakini kekuatan angka 9 lewat ‘Kota Terlarang’ yang terletak di pusat Kota Beijing. Di komplek kerajaan yang sampai saat ini masih terawat dengan baik terdapat 9.999 bangunan yang melambangkan angka panjang umur dan berkuasa bagi kaisar.

Berbeda dengan China, Jepang justru menganggap angka 9 sebagai angka yang harus dihindari karena bermakna ‘penderitaan’. Angka 9 dianggap sebagai kesialan tertinggi setelah angka 4 yang berarti kematian.

Lepas dari perbedaan keyakinan tersebut, keunikan angka 9 bisa dilihat dari hitungan matematika yang biasa dilakukan anak-anak sekolah dasar.

Penjumlahan dari 2 digit angka hasil perkalian angka 9 dengan angka lain, hasilnya pasti akan 9. Contohnya, 9×4=36, dan 3+6=9.

Bahkan penjumlahan dari hasil perkalian angka 9 dengan 2 digit, 3 digit atau 4 digit angka apa pun, akan menghasilkan angka yang jika dijumlahkan lagi akan bernilai 9. Contohnya, 9×62 = 558; 5+5+8=18; 1+8=9.

Nah, sekarang kembali kepada Anda. Bisa percaya begitu saja atau bisa juga mengambil secarik kertas untuk sekedar mencorat-coret menguji keunikan angka 9 ini.

Tapi yang pasti dan yang tak kalah penting untuk Anda ketahui, 9 September yang jatuh hari ini adalah hari ke-252 dari tahun 2009.

Yang jika dijumlahkan 2+5+2=…..

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: