Home > Bencana, News > SP3 Lumpur Lapindo Kebohongan Besar Polda Jatim

SP3 Lumpur Lapindo Kebohongan Besar Polda Jatim


Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) menilai penghentian penyidikan kasus semburan Lumpur Lapindo sebagai gerak mundur penegakan hukum lingkungan. Dengan penghentian tersebut, Walhi menganggap Kepolisian melakukan pembiaran (byomission) dan pembohongan publik.

Argumentasi pihak Kepolisian Jawa Timur yang menyebutkan tidak ada bukti yang cukup dan serta tidak ada keterkaitan antara semburan lumpur dengan aktivitas pengeboran adalah keliru dan jauh dari azas kebenaran,” kata Direktur Eksekutif Walhi, Berry Nahdian Forqan.

Berry mengatakan, para saksi ahli yang diperiksa oleh Polda Jatim seperti Dr Andang Bachtiar, Prof Dr Rudi Rubiandini, dengan keahlian yang dimilikinya, menyatakan secara jelas bahwa penyebab semburan adalah aktivitas pengeboran bukan bencana alam.

Diskusi diantara para ahli di forum American Association of Petroleum Geologists (AAPG) di Cape Town, tanggal 26-29 Oktober 2008 yang juga dihadiri oleh para ahli dari Lapindo Brantas, juga menyatakan bahwa semburan lumpur Lapindo adalah diakibatkan oleh aktifitas pengeboran,” tandas Berry.

Menurut Berry, Walhi mengecam tindakan kepolisian yang mengeluarkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) kasus lumpur Lapindo. Karena hal ini juga semakin menunjukkan bahwa Kepolisian gagal menjadi elemen penting dalam proses penegakan hukum lingkungan untuk melindungi hak-hak puluhan ribu korban lapindo.

sungguh malang nasib para korban lapindo tersebut, tanah, rumah, perkebunan mereka telah habis dirampas  dan kini hidup mereka hanya dari belas kasih orang lain, hidup terus terlunta tanpa kejelasan.

Begitu pelikah masalah Lapindo ini ? hingga pemerintahpun tidak sanggup untuk menyelesaikannya.

sumber : detikcom

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: