Home > Teroris > Penyergapan Teroris di Solo, Jawa Tengah

Penyergapan Teroris di Solo, Jawa Tengah


Penyergapan teroris di sebuah rumah di Solo, Jawa Tengah berlangsung sejak pukul 23.00 WIB, Rabu, 16/09/2009 sampai dengan pukul 06.00 WIB, 17/09/2009.

Rumah tersebut diketahui milik Totok warga Sumber, Solo, yang berprofesi sebagai dosen di sebuah perguruan tinggi di Solo, dan beberapa bulan lalu, rumah tersebut dikontrakkan kepada Abib Susilo dan Putri Munawaroh. Meski jarang bergaul, kepada warga Susilo pernah mengaku pernah tinggal di Salatiga dan bekerja sebagai guru. Di Solo, Susilo kemudian bekerja sebagai pemelihara sapi di pesantren Al-Kahfi, Mojosongo, Solo.

Kronologis kejadian

Sekitar pukul pukul 22.00 WIB, terdengar ada orang yang mengetuk pintu rumah itu sebanyak dua kali. Tidak lama setelah itu ada suara tembakan,” kata Tumini tetangga Susilo.

Tidak lama setelah rentetan peristiwa itu, sekitar pukul 22.30 WIB, Tumini beserta warga lainnya diungsikan oleh petugas. Warga kemudian diminta segera meninggalkan rumah dan tinggal sementara di rumah wargalainnya yang jaraknya lebih jauh. Dan sekitar pukul 24.00-01.00 WIB listrik mulai dipadamkan.

Diduga rumah yang sedang di kepung oleh tim Densus 88 adalah kelompok Urwah cs, buron kasus bom JW Marriott Jakarta dan The Ritz-Carlton.

Sebelum terjadinya penggerebek sebuah rumah Abib Susilo dan Putri Munawaroh di Kampung Kepuh Sari, Kelurahan Mojosongo, Jawa Tengah, oleh densus 88, diduga berdasarkan informasi yang di berikan oleh Rohmat Puji Prabowo yang di tangkap oleh polisi di pasar pada waktu siang hari.

Namun belum ada keterangan resmi apakah Rohmat terkait jaringan teroris atau bukan. Rohmat sendiri sehari-harinya berprofesi sebagai pedagang di Pasar Gading, Solo.

Proses baku tembak sempat berhenti pada pukul 03.20 wib, dikarenakan ada 1 anggota polisi yang terluka karena tembakan.

Dan pukul 05.45 wib terjadi ledakan keras yang disertai dengan kepulan asap, dan pada pukul 06.00 mobil Gegana Brimob Polda Jateng masuk ke lokasi.

Pada proses penggerebekan tersebut diberitakan 4 orang tewas, mereka adalah :

  1. Budi Bagus Pranoto alias Urwah
  2. Maruto
  3. Susilo
  4. (diduga) Noordin M Top

Jenazah yang diduga kuat Noordin M Top hancur, kepalanya terlepas dari tubuhnya. Kemungkinan orang yang diduga Noordin itu meledakkan bom bunuh diri saat Densus 88 mengepungnya.

Faktor menguatkan dugaan bahwa jenazah tersebut adalah Noordin, karena diyakini orang tersebut tewas setelah mengaktifkan bom rompi yang dikenakannya. Sebab, selama ini disebut-sebut, ke mana pun pergi, Noordin selalu mengenakan rompi yang di dalamnya terdapat bom yang siap meledak.

Selain itu, dari potongan kepala yang ditemukan, wajahnya juga memang mirip Noordin. Namun, kepastian apakah jenazah yang rusak berat itu adalah Noordin atau bukan, perlu dibuktikan lewat  tes DNA.

sumber : TvOne, Kompas.com, detikcom

Baca juga : Keahlian Noordin M Top

  1. 18 September 2009 at 9:11 am

    Alhamdulillah…
    semoga saja pernyataan kapolri tentang 14 kemiripan pada sidik jari yang dimiliki oleh noordin m top ini sama dengan yang ada di tkp…
    sehingga gembong teroris dinegeri kita ini lenyap untuk selama-lamanya…
    sehingga bisa memberikan kedamaian bagi negeri kita ini…

    semoga saja setelah 30 jam kedepan hasil DNA bisa lebih menguatkan keterangan dari kapolri tentang tewasnya noordin m top…
    karena hasil tes DNA merupakan salah satu cara paling ampuh dan efektif.

    semoga saja dengan tewasnya gembong teroris seperti noordin m top ini bisa membuat negeri kita ini semankin aman dan damai…
    dan juga membuat para pengikut noordin yang masih berkeliaran menjadi jera dan takut.

    selamat kepada POLRI atas kerja kerasnya, terutama untuk DENSUS 88…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: