Home > Bencana > Gempa 7,6 SR mengguncang Padang

Gempa 7,6 SR mengguncang Padang


Bencana tak henti-hentinya menimpa negara ini, sekarang giliran Padang yang diguncang gempa dengan kekuatan 7,6 SR, Rabu 30/09/2009, pada pukul 17.16 wib.

Gempa berlokasi di 0.84 LS-99.65 BT atau 57 km di perairan di barat daya Pariaman, Sumatra Barat, dengan kedalaman 71 km.

Kampung Cina di Kota Padang tercatat sebagai daerah yang paling parah diguncang gempa berkekuatan 7,6 SR. Seluruh bangunan di daerah tersebut rata dengan tanah. Penyebabnya adalah karena Kampung Cina posisinya berada di dekat pusat gempa tersebut.

Sementara itu 80% bangunan di Padang Pariaman roboh. Dan akibat gempa tersebut menyebabkan matinya Aliran listrik ke kota padang.

Pada pukul 17.38 wib (rabu, 30/09/2009) terjadi gempa susulan dengan kekuatan 6,2 SR dengan kedalaman 100 km.

Gempa juga dirasakan di beberapa wilayah lain di Pulau Sumatra seperti Bengkulu, Medan, Pekanbaru, Aceh, Batam, bahkan hingga ke negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Sekitar pukul 22.00 wib berdasarkan informasi dari Wapres Jusuf Kalla dilaporkan 75 orang meninggal dunia dan berdasarkan informasi dari juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Priyadi Kardono, bahwa yang meninggal dunia telah mencapai 200 orang dan kemungkinan masih akan bertambah. Sejauh ini masih belum ada data lengkap mengenai daftar nama-nama korban, baik yang meninggal dunia maupun yang luka-luka akibat gempa tersebut.

Pagi (01/10/2009) ini rencananya akan diberangkatkan sebanyak 92 orang dari Depkes dan 32 orang dokter dari PMI dari bandara Halim Perdanakusumah. Dan 25 orang tenaga medis juga sudah diberangkatkan dari Medan dan 27 dari Palembang melalui perjalanan darat. Selain tenaga medis, pagi ini Depkes juga akan menerbangkan 2 ton obat yang akan dibawa dengan dua buah pesawat (Hercules).

Gempa yang melanda Padang dengan kekuatan 7, 6 SR tidak berpotensi Tsunami, seperti yang diungkapkan oleh Kepala Badan Geologi, Departemen Energi dan Sumberdaya Mineral, R Sukhyar.

Pada kedalaman 71 km tersebut gempa tidak cukup kuat untuk menimbulkan tsunami. Apabila terjadi gempa susulan, biasanya kekuatannya lebih kecil”, ujarnya

Menurut Sukhyar, gempa tersebut terjadi akibat pertemuan atau penunjaman lempeng tektonik Samudera Hindia di bawah lempeng Asia di pantai barat Sumatra.

Informasi terbaru :

  1. Bengkulu-Jambi diguncang gempa dengan kekuatan 7 SR pada pukul 08.52 WIB (Kamis, 01/10/2009). Pusat gempa terletak di 46 km tenggara Sungai Penuh Jambi, 54 km timur laut Mukomuko Bengkulu, 86 km barat daya Bangko Jambi, 101 km barat laut Muara Anam Bengkulu dan 121 km barat data Muarabungo Jambi dengan kedalaman 10 km dan tidak berpotensi Tsunami.
  2. Gempa berkekuatan 5,5 skala Richter (SR) terjadi di 76 kilometer Timur Laut Melonguane Sulawesi Utara (Sulut), Kamis, pukul 08.31 WIB. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa itu berada di 4,11 Lintang Utara-127,35 Bujur Timur, dan kedalamannya 20 kilometer. Pusat gempa itu juga berada pada 216 kilometer Timur Laut Tahuna Sulawesi Utara, 370 kilometer Barat Laut Ternate-Maluku Utara, 380 kilometer Timur Laut Bitung-Sulut, dan 403 km Timur Laut Manado-Sulut.

sumber : kompas.com, detikcom

Baca juga :

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: