Home > Bencana > Gempa 8,8 SR, Chili

Gempa 8,8 SR, Chili


Gempa 8,8 SR yang mengguncang Chili sekitar pukul 13.34 WIB dan menewaskan sedikitnya 82 orang. Gempa juga meruntuhkan gedung-gedung dan memicu ancaman tsunami di tepian Pasifik.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (27/2/2010), gempa besar tersebut juga membuat sebagian besar ibukota Chili, Santiago, gelap gulita karena aliran listrik dan komunikasi terputus.

Gempa itu tepatnya berpusat di 90 km Timurlaut Concepcion, Chili dengan kedalaman 55 km. Skala gempa dilaporkan antara 8,3 SR dan 8,5 SR, sebelum kemudian ditegaskan USGS sebesar 8,8 SR.

Akibat gempa tersebut Selandia Baru mengeluarkan peringatan akan adanya gelombang besar melebihi tiga meter. Namun, Kementerian Pertahanan dan Manajemen Darurat Selandia Baru memperbaharui peringatan bahwa gelombang tsunami hanya akan mencapai ketinggian di atas satu meter dan diharapkan tidak membuat kehancuran.

Pusat Manajemen Krisis Nasional di Selandia Baru pun diaktifkan, dengan ramalan gelombang akan pertama kali menghantam bagian timur Kepulauan Chatham, 800 km sebelah timur daratan Selandia Baru pada 7.05 AM waktu setempat (Sabtu 1805 GMT).

Sementara di Hawaii, AS, peringatan tsunami menyatakan gelombang pertama akan menghantam pada pukul 11.19 AM waktu setempat (2119 GMT) dan diikuti serangkaian gelombang. Setiap gelombang akan bertahan lima sampai 15 menit.

Selain itu kemungkinan Indonesia bagian Timur pun akan terkena Tsunami kecil, seperti yang dilansir oleh BMKG berdasarkan peringatan PTWC.

PTWC adalah Pacific Tsunami Warning Center atau Pusat Peringatan Tsunami di kawasan Pasifik. Lokasi PTWC berada di Hawaii. Sujabar menjelaskan, ancaman gelombang tsunami kecil itu berdasarkan hasil observasi dari PTWC di Hawaii.

Tsunami terbesar akibat gempa Chili sendiri hanya mencapai ketinggian 2,3 meter. Dan belum ada laporan korban jiwa akibat tsunami itu.

Berikut adalah daerah di Papua yang akan dilanda tsunami kecil dari Chili:
1. Warsa
2. Manokwari
3. Sorong
4. Bere-bere
5. Pattani
6. Geme

Chili sendiri pernah digoyang gempa paling besar di dunia pada tahun 1960. Saat itu gempa 9,5 SR di selatan Kota Valdivia menewaskan 1.655 orang dan mengakibatkan tsunami di lautan Pasifik, Hawaii, Jepang, hingga Filipina.

sumber : VIVAnews, detikNews

  1. ruby
    1 March 2010 at 3:17 am

    Dari informasi terakhir untuk wilayah indonesia timur tidak akan terkena dampak tsunami kecil, krn untuk sampai ke wilayah indonesia timur tsb, gelombang tsunami harus menempuh waktu selama 21 jam, dan diperkirakan gelombang tsb akan habis sebelum sampai ke indonesia

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: